Kamis, 23 Februari 2012

Struktur Hardware Komputer

Struktur Hardware Komputer



ARSITEKTUR HARDWARE KOMPUTER 
A. DEFINISI KOMPUTER 
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer)
diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). 
Menurut  Blissmer  (1985),  komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa
tugas, yaitu  menerima  input,  memproses input sesuai dengan  instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang
cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan
data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan
di  dalam memori.  Dan masih  banyak lagi  ahli  yang mencoba mendefinisikan secara  berbeda tentang
komputer.  Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu  peralatan elektronik
yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan  informasi, menggunakan suatu program yang
tersimpan di memori  komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara
otomatis. 
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah  penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan  informasi
(output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan  nama pengolahan data
elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari
suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka,  huruf, simbol-simbol khusus,  atau gabungan dari
ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. 
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan
lebih berati, yaitu berupa  suatu informasi. Dengan demikian, informasi  adalah hasil dari suatu kegiatan
pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu,
pengolahan data elektronik adalah  proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna
berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer. 
B. SISTEM KOMPUTER 
Supaya komputer  dapat digunakan  untuk mengolah  data, maka harus  berbentuk  suatu sistem  yang
disebut dengan sistem komputer. Secara umum,  sistem  terdiri  dari elemen-elemen yang  saling
berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. 
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu
didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software),
dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program
yang berisi perintah-perintah untuk  melakukan proses tertentu, dan  brainware  adalah manusia  yang
terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. 
Ketiga elemen sistem komputer  tersebut  harus  saling  berhubungan  dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras tanpa perangkat  lunak  tidak akan  berarti apa-apa, hanya berupa  benda mati. Kedua
perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya. 
C. STRUKTUR dan FUNGSI KOMPUTER 
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari  tiap komponen saling  terkait. Struktur sebuah
komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar 2.1. 
I/O PORTS MEMORY
CENTRAL
PROCESSING UNIT
(CPU)
INPUT
DEVICE
OUTPUT
DEVICE
ADDRESS BUS
DATA BUS
CONTROL
BUS
CONTROL
BUS
3 :: stuktur hardware komputer
Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari
struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut: 
1. Input Device (Alat Masukan) 
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah
ke dalam komputer 
2. Output Device (Alat Keluaran) 
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy  (ke kertas), soft-copy  (ke monitor), ataupun
berupa suara. 
3. I/O Ports 
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan
output di atas terhubung melalui port ini. 
4. CPU (Central Processing Unit) 
CPU merupakan otak  sistem  komputer, dan memiliki  dua bagian fungsi  operasional, yaitu: ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data,  dan CU  (Control Unit)  sebagai pengontrol
kerja komputer. 
5. Memori 
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal
berupa  RAM (Random Access Memory) yang berfungsi  untuk menyimpan program yang kita olah
untuk sementara waktu, dan ROM  (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca  dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 
6. Data Bus 
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul  dalam  sistem komputer.  Karena pada suatu saat
tertentu masing-masing saluran  hanya dapat  membawa 1 bit data,  maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.  Lebar  data  bus ini menentukan
kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma
data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 
7. Address Bus 
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun  tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan mengirimkan alamat  memori yang  akan ditulis atau  dibaca.Address bus biasanya
terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel. 
8. Control Bus 
Control Bus  digunakan untuk mengontrol penggunaan  serta akses ke  Data  Bus dan Address Bus.
Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel. 
Hierarki Komputer 
1.  Mainframe/Komputer besar merupakan komputer yang sangat besar - mesin jutaan dolar,
yang berukuran lebih dari satu ruangan, contohnya IBM model 390.
2.  Minicomputer/Komputer  kecil merupakan mesin besar yang  powerful/berdaya guna.
Biasanya  melayani jaringan dengan terminal yang  sederhana. Komputer IBM AS/400
merupakan contoh komputer kecil.
3.  Workstation/Terminal kerja merupakan mesin yang powerful. Komputer-komputer  ini
mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi  perhitungan yang rumit. Komputer-
komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa dengan operating system/sistem operasi NT.
Komputer-komputer ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerful seperti Digital Alpha
atau MIPS.
4.  Personal computer/Komputer pribadi merupakan komputer yang murah dan
dibuat/diproduksi secara banyak/masal. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem
operasi yang sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar.
4 :: stuktur hardware komputer
D. INPUT DEVICE 
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal
input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah
data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk
memasukkan program. 
Beberapa alat  input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai
alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem
komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. 
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non
intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan  input dan penampil output, dan tidak bisa
diprogram karena tidak  mempunyai alat  pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai  dumb
terminal.  Smart terminal  mempunyai alat pemroses dan memori di  dalamnya  sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat  dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat
diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram
oleh pemakai. 
Peralatan yang hanya berfungsi  sebagai alat  input  dapat  digolongkan menjadi  alat input langsung  dan
tidak langsung. Alat input  langsung yaitu  input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses,
sedangkan alat input tidak  langsung  melalui media tertentu sebelum suatu  input  diproses oleh  alat
pemroses. 
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen,
light pen,  digitizer graphics  tablet),  scanner  (misalnya magnetic ink character  recognition,  optical data
reader  atau  optical character recognition reader), sensor  (misalnya  digitizing camera),  voice recognizer
(misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui
media  punched card  (kartu plong),  key-to-tape  yang  merekam data ke  media berbentuk pita  (tape)
sebelum diproses oleh alat  pemroses, dan  key-to-disk  yang merekam data ke media magnetic disk
(misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut. 
Penggunaan Keyboard 
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di
buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun
1877 oleh Perusahaan Remington. 
Keyboard komputer  pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi
pengiriman  tulisan jarak jauh (Teletype).  Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca
kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. 
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer,
karena keyboard merupakan sebuah papan yang  terdiri dari tombol-tombol untuk  mengetikkan
kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tuts. 
Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 - 9,
tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ |, tombol
fungsi (F1 – F12), serta  tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.
Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi
panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. 
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik  listrik.
Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak
pada hasil output atau  tampilannya. Bila kita menggunakan  mesin ketik, kita tidak dapat
menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol
kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa
yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita  lihat di  layar monitor  terlebih dahulu,
kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan
ketikan dan yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat
pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. 
Penggunaan Mouse 
5 :: stuktur hardware komputer
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan "Mouse" dapat digerakkan
kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka
dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali
gerak di dalamnya. Kedua  pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan penunjuk, yang  satu searah horisontal  (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan
bawah). 
Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara
horisontal  saja pada  layar monitor komputer.  Dan sebaliknya jika penunjuk  vertikal yang
digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika
keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal.  Jika bola kecil
dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak
tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan. 
Pada sebagian besar mouse terdapat  tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang
berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau
yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer
akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak
penting. 
Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal  istilah  "Drag" yang artinya menggeser atau
menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya,
salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan
terdapat kemungkinan lainnya.  Kemungkinan-kemungkinan  ini  tergantung pada jenis program
aplikasi apa yang kita jalankan.  Mouse  terhubung dengan komputer  dengan sebuah kabel yang
terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU
komputer. 
Penggunaan Scanner 
Scanner adalah suatu alat elektronik yang  fungsinya mirip dengan mesin  fotokopi. Mesin fotocopy
hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar
monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi  sehingga  tampilan dan
hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner  bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio
ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang  terbaru, berbentuk pena yang baru  diluncurkan
oleh perusahaan WizCom Technologies Inc.  Scanner berukuran pena  tersebut bisa  menyimpan
hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).
Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam
inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan
pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. 
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi
komputer yang mengenali teks ASCII. 
Perbedaan  tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian  teknologi dan resolusinya.
Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan. 
6 :: stuktur hardware komputer
Cara kerja Scanner : 
Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah : 
1.  Penekanan tombol  mouse  dari komputer menggerakkan pengendali  kecepatan pada mesin
scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit
scanning. 
2.  Kemudian  unit scanning menempatkan proses pengiiman ke  tempat  atau jalur yang sesuai
untuk langsung memulai scanning. 
3.  Nyala  lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai
dilakukan. 
4.  Setelah nyala  lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat
dilihat pada layar monitor. 
5.  Apabila hasil  atau tampilan teks  / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya  dengan
menggunakan software-software aplikasi yang  ada. Misalnya dengan  photoshop, Adobe dan
lain- lain. pot scanned. 
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu : 
1.  Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat
itu saja. 
2.  Scanner yang  langsung bisa  tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-
warna tersebut adalah merah, hijau dan biru. 
Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang
bagus jika digunakan untuk  reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary
digit  / angka  biner), 8-bit  (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna).  Nah, bila kita
membutuhkan hasil yang  sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang
besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus. 
Digital Camera 
Salah satu input device yang sedang marak belakangan  ini adalah digital camera. Dengan adanya
alat  ini, kita dapat lebih mudah memasukan data berupa gambar apa saja, dengan  ukuran yang
relatif cukup besar, ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis  camera  untuk mengambil gambar statis, sampai dengan
camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video. 
Mic (Microphone) 
Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa gambar (dan suara), maka mic
digunakan hanya untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan
perangkat  keras  tambahan untuk menerima input suara  tersebut  yaitu  sound card,  dan  speaker
untuk mendengarkan hasil rekaman suara. 
E. OUTPUT DEVICE 
Output yang  dihasilkan  dari pemroses dapat digolongkan menjadi  empat bentuk, yaitu tulisan  (huruf,
angka, simbol  khusus),  image  (dalam bentuk grafik atau gambar),  suara, dan bentuk  lain yang  dapat
dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan
langsung oleh manusia,  sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai  input untuk proses
selanjutnya dari komputer. 
Peralatan output dapat berupa: 
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti
kertas atau film. 
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang
berupa sinyal elektronik. 
Drive device  atau  driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya
dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat  ini berfungsi ganda,
sebagai alat output dan juga sebagai alat input. 
Output bentuk pertama  sifatnya adalah permanen dan lebih portable  (dapat dilepas dari alat outputnya
dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat
7 :: stuktur hardware komputer
microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat
output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan
media magnetic tape adalah tape drive. 
Printer dan Plotter 
Printer dan plotter adalah jenis  hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas
kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran
kertas yang dapat digunakan pun beragam. 
Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter. 
Monitor 
Monitor adalah salah satu jenis  soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal
elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah
hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini  lah yang akan  menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar
monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan
layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). 
Infocus 
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil
pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran
singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan
datar dan berwarna putih (terang). Biasanya yang digunakan adalah dinding putih,  whiteboard,
ataupun kain/layar putih yang dibentangkan. 
F. CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT) 
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan
micro-processor  (pemroses mikro). Pemroses  ini berupa  chip  yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
Dalam  dunia  dagang, pemroses ini  diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya
ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri
80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer
Pentium I), Intel Pentium II-350,  Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.
Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali  (control unit) dan unit aritmatika dan logika  (ALU).
Disamping  itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang  berukuran kecil yang disebut dengan
register. 
G. CU (Control Unit) / Unit Kendali 
Unit  ini bertugas mengatur  dan mengendalikan  semua peralatan yang ada pada  sistem komputer. Unit
kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan
pada alat output.  Unit  ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data
dari alat input ke memori utama, dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan  logika,  maka unit kendali  akan mengirim  instruksi
tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan  data dibawa  oleh unit kendali ke  memori utama  lagi  untuk
disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian  tugas dari unit kendali  ini
adalah: 
•  Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. 
•  Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 
•  Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. 
•  Mengirim  instruksi ke ALU  bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan  logika serta
mengawasi kerja dari ALU. 
•  Menyimpan hasil proses ke memori utama. 
8 :: stuktur hardware komputer
H. ALU (Arithmatic and Logic Unit) 
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai
dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga
sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. 
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika  meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£
), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ). 

Tidak ada komentar: